Download Aplikasi Bansos Resmi 2022 Agar Dapat Bantuan

 

Link yang kami sebarkan ini ialah link resmi yang dibuat Kementerian Sosial Republik Indonesia, sebab di Google Playsore terdapat banyak sekali aplikasi yang namanya sangat mirip serta ditakutkan bila memakai aplikasi ilegal dapat terjadi pencurian data.

Nah, bila telah terinstal di Hp, berikutnya dapat langsung melaksanakan daftar akun terlebih dulu( membuat User ID) buat login supaya dapat akses seluruh menu didalamnya. Ada pula cara- cara daftarnya merupakan selaku selanjutnya:

Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos ini dapat dipakai oleh masyarakat untuk melihat kepesertaan bantuan sosial( BPNT, BST, serta PKH). Pengguna bisa melihat daftar penerima bantuan sosial yang terdapat di dekat area administrasinya serta bisa membagikan balasan kepada akseptor bantuan yang dianggap tidak layak.

Tidak hanya itu Pengguna pula bisa menganjurkan dirinya sendiri ataupun tetangganya yang dikira layak untuk masuk ke dalam DTKS dan atau atau menerima bantuan sosial.

Masyarakat pula dapat langsung cari di google playstore. Tetapi, janganlah hingga salah memakai aplikasi yang tidak sah sebab disitu banyak sekali aplikasi yang logo dan namanya mirip dengan aplikasi karya Kemensos ini.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Cek Bansos

  • Harap sediakan KTP dan KK sebab nanti diperlukan saat proses daftar kayak No Kartu Keluarga( KK), No Induk Kependudukan( NIK), nama, Tujuan, no Hp yang aktif serta juga email untuk proses verifikasinya.
  • Di cara daftar akun ini masyarakat pula dimohon buat mengunggah gambar KTP dan juga swafoto dengan KTP( gambar selfie sembari pegang KTP)
  • Berikutnya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke email, masukkan ke kolom yang telah disediakan
  • Berhasil membuat akun dan kini tinggal menunggu cara verifikasi data oleh petugas.

Perlu Diketahui Ialah permasalahan mengenai adanya orang yang berhak memperoleh bantuan namun tidak dapat( exclusion error) dan ada juga yang tidak berhak namun ia memperoleh bansos( inclusion error).

Jadi dengan menu baru ini, masyarakat dapat membantu pemerintah untuk pengawalan bansos dan juga dapat mendaftarkan diri sendiri bila selama ini belum memperoleh bansos dari pemerintah. Tidak hanya itu pengguna aplikasi Cek Bansos ini pula dapat mendaftarkan tetangga atau orang lain untuk memperoleh bansos dengan menu USUL didalam aplikasi.